FacebookInstagramTwitterContact

 

Hibiscus Tea Improves Blood Flow, Reduces Risk Of Cardiovascular Disease           >>           Beer Brewed To Music And A Crystal Castle — How To Have An A-List Getaway In Byron Bay           >>           Sleep Is Good For Your Heart, Reduces Risk Of CVD, According To Study           >>           Black Nightshade Reduces Growth Of Cancerous Tumors           >>           You Won't Be Able To Unsee Ryan Gosling's La La Land Confession           >>           Kate Middleton And Prince William’s Designer Friend Says They’re “Going Through Hell”           >>           Eta Aquarid Meteor Shower Peak Could Spawn Over 100 'Shooting Stars' Per Hour This Weekend           >>           Nintendo blitzes GitHub with over 8,000 emulator-related DMCA takedowns           >>           X Is Using Grok To Publish AI-Generated News Summaries           >>           Microsoft’s latest Windows security updates might break your VPN           >>          

 

SHARE THIS ARTICLE




REACH US


GENERAL INQUIRY

[email protected]

 

ADVERTISING

[email protected]

 

PRESS RELEASE

[email protected]

 

HOTLINE

+673 222-0178 [Office Hour]

+673 223-6740 [Fax]

 



Upcoming Events





Prayer Times


The prayer times for Brunei-Muara and Temburong districts. For Tutong add 1 minute and for Belait add 3 minutes.


Imsak

: 05:01 AM

Subuh

: 05:11 AM

Syuruk

: 06:29 AM

Doha

: 06:51 AM

Zohor

: 12:32 PM

Asar

: 03:44 PM

Maghrib

: 06:32 PM

Isyak

: 07:42 PM

 



The Business Directory


 

 



Kalimantan


  Home > Kalimantan


Kembangkan Potensi Desa Di Barito Utara, 31 Kades, 5 Camat Dan 1 Sekcam Kaji Tiru Ke Cirebon Dan Bandung


 


 October 21st, 2022  |  12:15 PM  |   481 views

MUARA TEWEH, KN

 

Dalam rangka mengembangkan potensi desa yang ada di Kabupaten Barito Utara, 31 Kepala Desa dari 6 kecamatan melaksanakan kaji tiru di Cirebon dan Bandung.

 

Para Kades tersebut dari Kecamatan Teweh Selatan, Teweh Baru, Montallat, Lahei, Gunung Purei, dan Gunung Timang yang didampingi oleh 5 Camat dan 1 Sekcam.

 

Direncanakan kaji tiru akan dilaksanakan di sentra industri di Cirebon sekaligus mengikuti Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIII tahun 2022 dan Balai Penelitian Tanaman Sayur di Bandung 18 Oktober 2022.

 

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah memberikan petunjuk dan arahannya yang disampaikan di Rumah Makan Klapa Manis Cirebon, Jawa Barat.

 

Hadir juga Kadis SosPMD, Kadis Tan, Kadis Nakertranskop dan UMKM, dan Kepala BPBD.

 

Dalam arahannya, Bupati menekankan bahwa kaji tiru yang dilaksanakan jangan hanya sekedar seremonial, foya-foya ataupun sekedar melihat daerah lain.

 

“Hendaknya nanti setelah kaji tiru ini, hasilnya dapat diimplementasikan di desa maupun kecamatannya masing-masing,” ucap H. Nadalsyah.

 

Selanjutnya Bupati meminta agar para kepala desa agar nantinya dapat mengimplementasikan hasil kaji tiru, sehingga nantinya desa/kecamatan di Kabupaten Barito Utara dapat menjadi desa/kecamatan yang telah maju.

 

Menyikapi tingginya inflasi di Kalimantan Tengah, dimana saat ini tertinggi kedua se-Indonesia dengan tolak ukur Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kota Palangka Raya.

 

Bupati meminta agar para kades dan camat untuk dapat menjaga tingkat inflasi di Kabupaten Barito Utara.

 

“Kita harus dapat menjaga tingkat inflasi mulai dari harga BBM, sayur dan ikan,” pinta H. Nadalsyah.

 

Pemerintah Pusat telah meminta Pemerintah Daerah untuk mengalokasikan 20% dari Dana Desa.

 

“Itu dapat dimanfaat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan lapangan,” kata H. Nadalsyah.

 

Ditekankan Bupati, jangan sampai pasokan sayur mayur untuk desa berasal dari kota.

 

“Itu terbalik, Kades dan Camat harus mengedukasi masyarakat agar dapat memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayur mayur,” jelas H. Nadalsyah.

 

jadi dengan adanya tanaman sayur mayur tentunya akan membantu menekan lajunya inflasi di daerah.

 

Untuk BBM, Perusda akan menandatangani perjanjian dalam peningkatan suplai BBM.

 

“Semoga nantinya pasokan tersebut dapat dimanfaatkan oleh para Kades untuk meminta jatah bagi Bumdesnya,” pinta H. Nadalsyah.

 

Untuk pasokan ikan, Bupati meminta kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan agar dapat menyiapkan benih ikan untuk merestocking Sungai Barito dan desa.

 

Bupati juga menjelaskan bahwa dalam 3 tahun belakangan ini, pembangunan di daerah stagnan. “Tapi kita dapat menyiasatinya dengan merangkul pihak perusahaan jelas H. Nadalsyah.

 

Selain itu Bupati meminta agar para kepala desa dapat meminta perusahaan dalam menanggapi usulan masyarakat yang masih bisa diakomodir.

 

“Yang penting bukan untuk kepentingan pribadi, sehingga nantinya dana desa dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang lain,” pesan H. Nadalsyah. (RAMLI)

 


 

Source:
courtesy of KALIMANTAN NEWS

by KALIMANTAN NEWS

 

If you have any stories or news that you would like to share with the global online community, please feel free to share it with us by contacting us directly at [email protected]

 

Related News


Lahad Datu Murder: Remand Of 13 Students Extende

 2024-03-30 07:57:54

Myanmar Stops Men From Working Abroad As War Intensifies

 2024-05-04 00:38:42

Have The Wheels Come Off For Tesla?

 2024-05-04 07:51:07