FacebookInstagramTwitterContact

 

Trump Due Back In Court As Hunt For Jurors Goes On           >>           Burkina Faso's Pro-Russia Junta Expels French Diplomats           >>           Sydney Church Stabbing: Australian Bishop Forgives Alleged Attacker           >>           De Rossi To Remain Boss For 'Foreseeable Future' - Roma Owners           >>           Walsh Eager To Dispatch Chelsea As Barcelona Chase UWCL Double           >>           Juventus Review Ruling As Club Ordered To Pay Ronaldo $10m           >>           Man City's Guardiola Won't Judge Madrid's Defensive Tactics           >>           Kimmich Goal Sees Bayern Beat Arsenal To Enter Semifinal           >>           Google Sacks Staff Protesting Over Israeli Contract           >>           Ex-Post Office Chair Defends Himself Against Claims           >>          

 

SHARE THIS ARTICLE




REACH US


GENERAL INQUIRY

[email protected]

 

ADVERTISING

[email protected]

 

PRESS RELEASE

[email protected]

 

HOTLINE

+673 222-0178 [Office Hour]

+673 223-6740 [Fax]

 



Upcoming Events





Prayer Times


The prayer times for Brunei-Muara and Temburong districts. For Tutong add 1 minute and for Belait add 3 minutes.


Imsak

: 05:01 AM

Subuh

: 05:11 AM

Syuruk

: 06:29 AM

Doha

: 06:51 AM

Zohor

: 12:32 PM

Asar

: 03:44 PM

Maghrib

: 06:32 PM

Isyak

: 07:42 PM

 



The Business Directory


 

 



Kalimantan


  Home > Kalimantan


Kodam XII Tanjungpura, Gelar Rakor Pencegahan Dan Penanggulangan Karhutla


 


 February 22nd, 2018  |  08:44 AM  |   1387 views

KUBU RAYA

 

Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura menyelenggarakan “Rakor Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kodam XII/Tanjungpura Tahun 2018,” di buka oleh Pejabat Gubernur Kalimantan Barat Drs. Dodi Riyadmadji, MM. Kegiatan tersebut digagas dan difasilitasi oleh Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi dalam pelaksanaan rapat koordinasi dilaksanakan di Aula Makodam XII/Tanjungpura, Jalan Arteri Alianyang NO. 1, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Senin (19/2/2018).

 

Panglima Kodam XII/Tanjungpura mengatakan, hasil dari Rakor Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kodam XII/Tanjungpura Tahun 2018 adalah Karhutla akan diatasi secara terpadu oleh TNI, Polri, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran Swasta, Pemda, BPBD, dan seluruh yang bertanggung jawab penanggulangan karhutla.

 

“Kalbar saat ini, kata Panglima Kodam XII/Tanjungpura, dengan adanya perubahan iklim atau musim yang dalam prakiraan jatuh pada bulan Mei, namun sudah terjadi pada bulan Februari ini,” ujar Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

 

Panglima Kodam XII/Tanjungpura berharap dari rakor ini ada pernyataan tanggap darurat, sehingga mendapat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) khususnya masalah Helikopter, harapnya.

 

“Untuk warga masyarakat Kalimantan Barat, agar membuka lahan tidak dengan cara membakar, gunakan metode yang sudah diberikan di daerah masing-masing,” imbau Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

 

Ditempat yang sama Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Didi Haryono, S.H., M.H, menyampaikan apresiasi kepada Panglima Kodam XII/Tanjungpura yang telah menggagas dan memfasilitasi diadakannya rapat koordinasi tentang Karhutla di Kalbar.

 

Dikatakan Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Didi Haryono, S.H., M.H, “Bahwa kabut asap ini sangat mengganggu sekali baik untuk kesehatan, transportasi maupun pertumbuhan ekonomi, terutama di wilayah Provinsi Kalimantan Barat sampai ke wilayah-wilayah Kabupaten dan Kota. Untuk itu, “Rakor ini untuk mengantisipasi, mencegah dan mengatasi serta menanggulangi agar bisa menghilangkan atau setidaknya mengeliminir dampak ditimbulkan dari karhutla”.

 

“Melalui dari rakor ini, sudah diambil kesepakatan, setidaknya langkah-langkah antisipasi berupa adanya Helikopter untuk lebih cepat memadamkan api, ditambah lagi dengan kesepakatan baik dari TNI, Polri, Manggala Agni, Pemadam kebakaran swasta, Pemda, BPBD, dan dari seluruh stakeholder yang benar-benar bertanggung jawab penanggulangan karhutla ini,” paparnya.

 

Kapolda pun mengimbau, “Kepada seluruh warga masyarakat Kalimantan Barat untuk benar-benar pada saat membuka lahan agar tidak membakar lahan, ada model, ada cara untuk membuka lahan tanpa membakar lahan masing-masing daerah sudah diberi metodenya,” imbaunya.

 

Selain itu, Kapolda menyerukan agar warga yang mengetahui oknum yang membakar lahan. Karena kata Kapolda 99 persen karhutla ini di bakar, dan itu melanggar aturan hukum, ada tiga Undang-Undang yang dilanggar oknum tersebut harus kita tangkap bersama dan serahkan ke pihak Polri untuk diproses, dan ancamanya 10 tahun penjara dan denda sebesar 10 milyar, tukas Kapolda Kalbar.

 

Perlu diketahui hadir saat Rakor Karhutla, Pj Gubernur Kalimantan Barat Drs Dodi Riyadmadji, MM, Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, Kasdam XII/Tanjungpura, Danlanud Supadio, Danrem 121/Abw, Danrem 102/Pjg, para Perwira Staf Ahli Pangdam XII/Tpr, Asisten Kasdam XII/Tpr, Kabalak Kodam XII/Tpr, Asops Lantamal XII Pontianak, Para Dandim, pejabat utama Polda Kalbar, Kapolres, Walikota/Bupati Se-Kalbar, Kepala BPBD Kalbar, Kepala Kantor Kehutanan dan Perkebunan, Kepala Kantor Pertanian se-Kalbar, Kapala BMKG Kalbar, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran, para Danramil, Kapolsek, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta Pengusaha Perkebunan.(Pdm)

 


 

Source:
courtesy of KALIMANTAN NEWS

by KALIMANTAN-NEWS

 

If you have any stories or news that you would like to share with the global online community, please feel free to share it with us by contacting us directly at [email protected]

 

Related News


Lahad Datu Murder: Remand Of 13 Students Extende

 2024-03-30 07:57:54

Sydney Church Stabbing: Australian Bishop Forgives Alleged Attacker

 2024-04-19 00:07:49

Google Sacks Staff Protesting Over Israeli Contract

 2024-04-18 23:31:16