FacebookInstagramTwitterContact

 

Inlet Pipe Repair Work           >>           East Assets Turnaround Activities by BSP           >>           'Operasi Sepadu'           >>           'Operasi Kabat'           >>           Handover of Donation           >>           Handover of Donation           >>           MoU Signing Ceremony           >>           'Panakod Adau' Gayoh Celebration           >>           Reading of Surah Yasin and Tahlil           >>           Radio Service is the Best Medium to Disseminate Information           >>          

 

SHARE THIS ARTICLE




REACH US


GENERAL INQUIRY

[email protected]

 

ADVERTISING

[email protected]

 

PRESS RELEASE

[email protected]

 

HOTLINE

+673 222-0178 [Office Hour]

+673 223-6740 [Fax]

 



Upcoming Events





Prayer Times


The prayer times for Brunei-Muara and Temburong districts. For Tutong add 1 minute and for Belait add 3 minutes.


Imsak

: 05:01 AM

Subuh

: 05:11 AM

Syuruk

: 06:29 AM

Doha

: 06:51 AM

Zohor

: 12:32 PM

Asar

: 03:44 PM

Maghrib

: 06:32 PM

Isyak

: 07:42 PM

 



The Business Directory


 

 



Kalimantan


  Home > Kalimantan


Retribusi Parkir Di Sintang Masih Rendah


 


 October 18th, 2022  |  09:57 AM  |   383 views

SINTANG, KN

 

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang, Nikodemus merasa heran, jumlah kendaraan bermotor di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat meningkat setiap tahun, tapi tidak meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir.

 

Niko melihat, Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang perlu memikirkan peningkatan retribusi parkir supaya dapat menjadi pemasukan PAD Sintang.

 

“Dinas Perhubungan, tata kelola perparkiran kita, juga saya lihat tidak tertib. Saya lihat dari dulu tidak pernah bertambah retribusinya, sementara kendaraan bertambah, kan seharusnya meningkatkan dari tahun ke tahun,” ujar Niko.

 

Legislator Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini khawatir jika sektor perparkiran kendaraan justru liar, alias tidak masuk ke pemerintah. “Yang dikhawatirkan parkir liar,” jelasnya.

 

Seharusnya potensi ini dapat ditata dan dikelola dengan baik. Bila perlu kata Nikoz pemerintah membangun tempat parkir yang aman, nyaman.

 

“Potensi parkir ini bagus tata kelolanya, kemudian harus dibangun tempat perkiraan supaya orang parkir nyaman tenang, meninggalkan kendaraan dan terarah.

 

“Seharusnya (PAD) parkir kita meningkat, kan, pendapatan kita dari parkir rendah, sementara jumlah kendaraan bertambah. Artinya kan harusnya bertambah. Saya melihat pemda belum mengelola secara maksimal. Karena itu perlu diatata baik sarana prasarana maupun petugasnya semua harus kita lakukan secara berimbang,” harap Niko.

 

Selain parkir, Niko juga menyoroti soal potensi wisata yang selama ini belum dikelola oleh pemerintah. Seharusnya, kata dia, sektor wisata juga dipromosikan dengan baik supaya mendatangkan wisatawan dan menjadi pemasukan bagi masyarakat dan daerah.

 

Disinggung soal potensi PAD dari sektor sarang walet, Niko menyebut masih belum bisa ditentukan standar besaran pungutan.

 

“Ini agak sulit. Karena kita tahu, ada banyak sarang walet tapi belum tentu berhasil. Memang ada berhasil, tapi sulit menentukan besaran pajaknya,” terang Niko.

 


 

Source:
courtesy of KALIMANTAN NEWS

by KALIMANTAN NEWS

 

If you have any stories or news that you would like to share with the global online community, please feel free to share it with us by contacting us directly at [email protected]

 

Related News


Lahad Datu Murder: Remand Of 13 Students Extende

 2024-03-30 07:57:54

Pro-China Candidate Wins Solomon Islands PM Vote

 2024-05-03 00:53:25

Weight Loss Drug Wins 25,000 New US Users A Week

 2024-05-03 02:18:06